Mochi Carica khas DIENG dan 日本



Buah Carica Khas Dieng Indonesia
Perpaduan / inovasi baru makanan Jepang dengan Indonesia



Proposal Usaha

PT. AENG FOOD
XII BB II

PROFIL
Nama Usaha : Mochi Carica
Bentuk Usaha : Kelompok
Lokasi : SMA MUHAMMADIYAH                                        
Susunan Pengurus :
Rashid Wida (Ketua)
Muhammad Sholih (Sekertaris)
Basiroh (Bendahara)
Shella Puji (Pemasaran)
Eko Budi (Pemasaran)
Fatwa Ramadha (Dokumenter)
Shodiq Nur (pembantu Umum)

LATAR BELAKANG
Mochi Carica merupakan krasi dari anak XII BB II SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO. Mochi Carica merupakan gabungan antara kue mochi dan juga selai carica sebagai isian mochi tersebut. Target pasar mochi carica yaitu para guru karyawan dan juga murid Sma Muhammadiyah. Mochi Carica memberi pengalaman berbeda dan member sensasi bagi para pecinta mocha.



Visi & Misi
Visi
Mengkreasikan dan melestarikan buah yang hanya ada di Wonosobo yaitu buah Carica.
Misi
Mengenalkan farian baru buah carica
Menciptakan peluang pekerjaan baru
Meninspirasi anak muda agar bisa berkarya lagi
Tujuan
Dengan terus melakukan inovasi yang baik secara berkelanjutan, diharapkan mochi carica dapat menjadi salah satu bangkitnya industry kreatif di Wonosobo. Dengan demikian, sebagai penikmat carica tidak mengalami kebosana dalam menikmati buah carica.

Analisi Strategi
Analisi strategi dilakukan untuk mengetahui strategi yang akan digunakan dalam usaha Mochi carica. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengidentifikasi kekuatan (strength), Kelemahan (weakness), dan ancaman (threat) yang dapat terjadi dalam usaha pengolahan mochi carica.
KEKUATAN
Kualitas
Mochi carica memiliki kualitas yang baik karena dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas tinggi dan cara-cara pembuatan yang higienis.
Desain kemasan
Mocha carica akan dibungkus dengan mika yang berbentuk tabung jika mochi akan dibungkus. Jika mochi di makan di tempat maka kita akan menyajikan dengan tampilan yang menarik.
KELEMAHAN
Tidak tahan lama karena tidak menggunakan bahan pengawet.
Bentuk akan menjadi pipih jika tidak dimasukan kedalam lemari pendingin.
Adanya permintaan konsumen yang fluktuatif.
ANCAMAN
Ancaman terbesar datang dari masyarakat atau konsumen itu sendiri karena tingkat kesukaan terhadap suatu produk di masyarakat Wonosobo sering berubah-ubah.
Pesaing yang meniru konsep produk kami.

Analisis Produk
Jenis produk
Jenis produk yang dibuat dalam usaha ini adalah Mochi carica dan jenis mochi lainnya.
Volume Produk yang Akan Dibuat
Dalam hal kegiatan produksi, kami berusaha untuk mengoptimalkan bahan semaksimal mungkin. Dalam perhari kita membuat mochi kurang lebih 100 sampai 150 mochi.

Bahan dan Peralatan
Bahan
No.
Bahan

1.Tepung beras ketan
2.Tepung beras
3.Tepung kanji
4.Gula
5.Buah Carica
6.Mentega
7.Cengkeh
8.Kayu manis
9.Pewarna makanan


Peralatan

1.Kompor
2.Panci
3.Gas LPG
4.Alat kukus
5.Gelas takar
6.Stiker
7.Timbangan
8.Karton
9.Spatula
10.Plastic mika
11.Pisau
12.Ember
13.talenan
14.Penjepit


Analisis Pasar
Segmentasi Pasar
Mochi carica mengelompokan segmentasi pasar berdasarkan demografi sebagai berikut  ;
Usia : mochi carica memilih segmentasi usia remaja dan orang tua.
Ekonomi : menengah ke atas.
Target Pasar
Target yang kita incar adalah kalangan anak muda karena daya beli dan rasa ingin tahu para remaja sering menimbulkan manfaat bagi para pelaku bisnis.
Positioning
Inovasi yang kami lakukan adalah pada rasa dan warna dari mochi kami. Mochi kami memiliki rasa atau isian selai carica dan juga kita beri sedikit warna makanan agar terlihat lebih menarik.
Strategi Pemasaran
Produk
Produk yang akan kita jual adalah mochi carica.
Tempat
Kita akan menempatkan beberapa stand yang akan kita buat di pinggir jalan. Kita memilih berjualan kaki lima untuk menguji coba peminat dalam mochi di daerah kami.
Harga
Harga yang kita sediakan ada berbagai macam harga. Harga di sesuaikan dari banyak dan kemasan yang akan di pilih. Untuk harga per biji kita memberi harga Rp1500,00/biji, untuk satu kemasan kita menjual dengan harga Rp 5000,00/bungkus.
Promosi
Promosi akan kami lakukan dengan cara menempelkan brosur dan juga akan kami lakukan promosi dengan menggunakan social media.

Perizinan Usaha
Untuk perizinan kami melakukan perijinan terhadap ketua dari anggota perdagangan di suatu tempat dan kita melakukan perizinan terhadap satpol pp setempat.


Peralatan masak :
1 Kompor gas Rp150.000
1 Gas LPG 3kg Rp18.000
1 Spatula Rp15.000
2 Pisau Rp15.000
1 Talenan Rp2.000
1 Plastic Rp3.000
1 Wajan Rp60.000
1 Blander Rp185.000
1 Panci kukus Rp95.000
2 Mangkuk plastic Rp20.000

JUMLAH MODAL
RP581.000






PENUTUP
Dari proposal usaha ini dapat diambil kesimpulan bahwa membuka usaha mochi yang sudah dimodifikasi cukup menguntungkan. Untuk mencapai kesuksesan kita perlu ketekunan dan ketelatenan dalam menjalani usaha ini.

Comments